MA & PARTNERS LAW FIRM


Selain Prabowo Subianto, Ada 5 Jenderal yang Mendapat Kenaikan Pangkat Jenderal Kehormatan Setelah Pensiun dari TNI

Hukum-Pedia.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi memberikan kenaikan pangkat kepada Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto pada (28/02/2024). Penganugerahan tersebut diberikan ketika Prabowo sudah tidak menjabat sebagai anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Selain Prabowo Subianto, terdapat beberapa jenderal yang mendapat kenaikan pangkat setelah pensiun. Berikut daftar jenderal yang mendapat kenaikan pangkat setelah pensiun:

1. Sudirman

Sudirman mendapat kenaikan pangkatnya di TNI Angkatan Darat (AD) setelah berhasil melawan Inggris di Ambarawa bersama pasukan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) pada bulan Desember 1945. Keberhasilannya membawa Sudirman dipilih sebagai Panglima Besar TKR. Sudirman dilantik oleh Presiden Soekarno menjadi Panglima Besar TKR dengan pangkat jenderal pada 15 Desember 1945.

2. Abdul Haris Nasution

Abdul Haris Nasution mendapat kenaikan pangkat di TNI AD saat memasuki waktu pensiun. Jenderal Nasution merupakan pencetus gagasan dwifungsi ABRI yang kemudian diterapkan pada pemerintahan Soeharto. 5 Oktober tahun 1997 Nasution dianugerahi sebagai Jenderal Besar bintang lima yang bertepatan dengan ulang tahun ABRI. 

3. Soeharto

Soeharto mendapat kenaikan pangkat setelah melewati serangkaian tugas militernya di TNI AD. Pangkat terakhirnya sebelum menjabat sebagai presiden adalah Mayor Jenderal di tahun 1962. Pada 5 Oktober 1997 yang bertepatan dengan ulang tahun ABRI, Soeharto dianugerahi Jenderal Besar bintang lima, hal ini juga diberikan kepada Jenderal Sudirman dan Jenderal Abdul Haris Nasution.

4. Hari Sabarno

Hari Sabarno merupakan perwira tinggi TNI yang pernah menjabat sebagai menteri dalam negeri di kabinet Gotong Royong. Hari mendapat kenaikan pangkat dari Letnan Jenderal bintang 3 menjadi Jenderal bintang 4 di tahun 2004 saat dirinya telah pensiun dari dinas militer.

5. Abdullah Mahmud Hendropriyono

Hendropriyono merupakan seorang intelijen dan militer Indonesia. Ia pernah menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen (BIN) periode 2001-2004. Meskipun telah masuk masa pensiun di militer, Hendropriyono mendapat kenaikan pangkat dari Letnan Jenderal menjadi Jenderal bintang 4 di masa pemerintahan Megawati Soekarnoputri.

6. Prabowo Subianto

Calon Presiden Prabowo Subianto merupakan seorang politikus dan pensiunan perwira tinggi TNI AD. Saat ini ia menjabat sebagai Menteri Pertahanan di kabinet Indonesia Maju. Prabowo mendapat kenaikan pangkat dari Letnan Jenderal bintang 3 menjadi Jenderal Bintang 4 di tahun 2024 setelah pensiun dari dinas militer.

Redaksi HukumPedia News


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url